HIJAIYAH BERHARAKAT LENGKAP
MODUL AJAR PAIBP
HURUF HIJAIYAH KELAS I
Tujuan Pembelajaran (dalam ATP):
Memahami huruf hijaiyah berharakat secara lengkap
Profil Pelajar Pancasila:
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Mandiri
Kreatif
Indikator Tujuan Pembelajaran:
Melafalkan hijaiyah berharakat secara lengkap
Pernyataan Pemantik
Apa yang kalian ketahui tentang harakat?
Bagaimana cara membaca huruf hijaiyah dengan harakatnya?
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan menyapa peserta didik.
Guru melakukan pengkondisian dan pembiasaan peserta didik dengan meminta salah satu peserta didik memimpin berdoa, menanyakan kabar, mengecek kehadiran peserta didik dan muraja’ah.
Guru melakukan apersepsi dengan bertanya tentang materi sebelumnya yaitu tentang huruf hijaiyah.
Guru bertanya kepada peserta didik dengan pertanyaan pemantik. “Apa yang kalian ketahui tentang harakat?” “Bagaimana cara membaca huruf hijaiah dengan harakatnya?”
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini. Tujuan Pembelajaran: Melalui penjelasan guru dan kegiatan membaca, serta mengerjakan soalsoal yang disajikan, peserta didik mampu melafalkan huruf hijaiah dengan harakatnya.
Guru memberikan motivasi untuk pembelajaran hari ini kepada peserta didik.
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan arti harakat dan macam-macam harakat.
Peserta didik diarahkan untuk mengamati tabel pada halaman 7. Gambar: Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I Kurikulum Merdeka Bumi Aksara (halaman 7) Guru membaca bunyi macam-macam harakat. Peserta didik diminta untuk mendengarkan dan menirukan secara bersama-sama.
3. Guru membimbing peserta didik untuk membaca contoh-contoh huruf hijaiah yang memilki harakat.
4. Selanjutnya, peserta didik diarahkan untuk melakukan kegiatan “Ayo Lakukan”. Peserta didik diminta untuk membaca huruf-huruf
pada tabel dengan benar. Ayo kita baca bersama-sama.
Kegiatan Akhir
Peserta didik dibimbing oleh guru, membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
Guru melakukan refleksi dengan menanyakan pemahaman peserta didik setelah belajar hari ini dan memberikan penilaian pada pekerjaan LKPD peserta didik.
Guru juga memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi pada hari ini. Apa saja macam-macam harakat?
Guru memberikan tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan:
Remedial: peserta didik dapat diberikan tugas tentang materi yang kurang dikuasai, dengan memodifikasi LKPD yang ada.
Pengayaan: Guru dapat mengembangkan latihan dengan memberikan tugas yang lebih menantang untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.
Berdoa dan Penutup
Ayo Berlatih
Pasangkanlah hijaiyah berharakat di bawah ini dengan cara bacanya.
Hubungkanlah dengan menarik garis lurus!
baju biru ◯ ◯ كَ كِ كُ
kakiku ◯ ◯ نَ مَ سَ يَ
nama saya ◯ ◯ بَ جُ بِ رُ
ibu ida ◯ ◯ تَ سْ
tas ◯ ◯ اِ بُ اِ دَ
Soal Tantangan
1. Tuliskan dengan huruf hijaiyah!
a. yu na ba wa na si
b. sa ya su ka ma kan
c. qa fi ra sa pa hit
2. Apakah anak-anak sudah bisa menuliskan nama sendiri atau nama temanmu dengan
tulisan hijaiyah/Arab?