BALIGH
بسم الله الرحمن الرحيم
TUGAS LOKAKARYA LK. 5
Modul Ajar Berbasis Masalah (PBL)
Judul Modul : Perubahan yang Aneh
Nama Penyusun : Ida Nuraida, S.Pd
Institusi : SD Laboratorium Percontohan UPI
Tahun Penyusunan : 2024
Jenjang Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Fase/Kelas : B/ 4
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Kompetensi Awal
Peserta didik memiliki pemahaman dasar tentang pertumbuhan dan perkembangan fisik.
Peserta didik memiliki pengetahuan hak dan kewajiban
Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin
· Profil Pelajar Pancasila:
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia dengan cara berdoa sebelum dan sesudah belajar.
Mandiri, pada saat kegiatan pembelajaran dengan cara sadar diri tidak ketergantungan pada teman.
Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
· Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin:
Berkeadaban (Ta'addub) dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
Musyawarah (syura), yaitu pada saat menentukan ketua kelompok, dan setiap persoalan diselesaikan dengan musyawarah untuk kemaslahatan bersama.
Toleransi (Tasamuh), yaitu mengakui dan menghormati perbedaan, baik dalam diskusi kelompok dan memberikan terhadap hasil LKPD.
Sarana dan Prasarana :
Media Pembelajaran (audio, visual, audiovisual, media konkret)
Laptop, LCD dan infokus atau smart class.
Gambar pertumbuhan dan perkembangan manusia (perubahan fisik)
E-LKPD melalui google site
Lingkungan sekitar
Materi di internet/google site
Target Peserta Didik :
Kelas 4 C SD dengan usia 9-10 tahun yang sedang berada pada fase awal memahami pubertas.
Model Pembelajaran :
Berbasis Problem Based Learning (PBL).
Kompetensi Inti : Memahami baligh
A. Tujuan Pembelajaran
Menyebutkan tanggung jawab yang datang bersamaan dengan baligh (taklīf).
B. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan memahami bahwa setelah mencapai baligh, mereka memiliki tanggung jawab moral dan agama yang harus dilaksanakan sebagai seorang Muslim.
Peserta didik mampu menerapkan prinsip-prinsip taklīf dalam kehidupan sehari-hari, seperti melaksanakan shalat, berpuasa, dan menjalankan kewajiban lainnya.
Peserta didik menyadari pentingnya bertanggung jawab atas tindakan mereka dan bagaimana hal ini berkaitan dengan kewajiban mereka kepada Allah SWT setelah mencapai baligh.
C. Pemahaman Bermakna
Peserta didik memahami bahwa baligh adalah titik penting dalam kehidupan seorang Muslim, menandai awal tanggung jawab moral dan agama.
D. Pertanyaan Pemantik
Apa yang kamu ketahui tentang pertumbuhan dan perkembangan fisik manusia?
Bagaimana kamu merasakan perubahan tanggung jawabmu seiring dengan pertumbuhan fisik?
Menurutmu, apa saja hak dan kewajiban yang berubah ketika seseorang mulai dewasa?
Mengapa penting untuk memahami tanda-tanda dewasa dalam kehidupan sehari-hari?
Bagaimana menurutmu, perubahan fisik dan emosional mempengaruhi caramu menjalani kehidupan sehari-hari?
E. Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)
Pendahuluan (10 menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa, dan menunjuk salah seorang peserta didik untuk memimpin do'a.
Peserta didik menjawab salam dan berdo'a bersama.
Peserta didik diperiksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Peserta didik menyimak apersepsi dari guru dengan cara bertanya kepada peserta didik.
Apakah kalian pernah merasa bingung dengan perubahan yang terjadi pada tubuh kalian? Misalnya, suara yang berubah atau tinggi badan yang bertambah?"
Bayangkan jika kalian punya tugas baru di rumah, seperti membantu membersihkan kamar atau menyapu halaman. Awalnya, itu mungkin terlihat sulit, tapi lama kelamaan kalian akan terbiasa dan menjadi lebih bertanggung jawab.
Peserta didik diberikan motivasi agar semangat mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menyimak kisah tentang Nabi Muhammad SAW yang sejak kecil sudah mulai membantu keluarganya dan menunjukkan sikap yang baik.
Peserta didik diberikan pertanyaan
Bagaimana Nabi Muhammad SAW membantu keluarganya ketika masih kecil?
Apa yang bisa kita pelajari dari sikap Nabi Muhammad SAW saat membantu keluarganya?
Kenapa kita perlu mulai membantu orang lain seperti Nabi Muhammad SAW, terutama ketika kita mulai beranjak dewasa
Bagaimana perasaan kalian jika bisa membantu orang lain, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW?
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
Peserta didik menyimak penyampaian tahapan pembelajaran kepada peserta didik .
Kegiatan Inti (50 menit)
Sintak 1: Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta didik diperlihatkan gambar dan komik tentang pertumbuhan dan perkembangan secara fisik. Peserta didik diberikan pertanyaan: (berpikir kritis)
Coba perhatikan gambar berikut, Apa yang terlihat pada gambar?(terlampir)
Sekarang kalian ada di fase yang mana? Ketika kalian ada yang sudah melewati fase tersebut, Apa saja yang ada perubahan?
Bagaimana perasaan kalian tentang menjadi lebih dewasa?
Menurut kalian apa saja tanggung jawab baru yang kalian ketahui saat kita lebih dewasa?
Sintak 2: Pengorganisasian kelompok
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok secara heterogen. Peserta didik menentukan ketua kelompok.
Peserta didik dipandu untuk melakukan diskusi dengan ketentuan sebagai berikut:
Sintak 3: Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok .
Peserta didik diarahkan untuk membaca teks yang telah disediakan dalam LKPD:
https://ida.labschoolupi.id/modul-ajar/kelas-4/lkpd-baligh
Peserta didik diarahkan untuk berdiskusi guna menjawab pertanyaan yang ada di LKPD (bergotong royong)
Peserta didik diarahkan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan masalah. (mandiri)
Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi yang telah disediakan oleh guru
Sintak 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Setiap kelompok menuangkan hasil temuan informasi pada LKPD yang berkaitan dengan pertanyaan:
1) Setelah membaca wacana di atas, menurutmu apa yang dimaksud dengan baligh??
2) Sebutkan tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan masing-masing minimal 2!
3) Mengapa baligh itu penting dalam kehidupan seorang muslim?
4) Kewajiban apa saja yang harus dilakukan seorang anak setelah mencapai baligh?
5) Bagaimana perubahan fisik dan tanggung jawab moral setelah baligh dapat mempengaruhi hubungan seorang anak dengan keluarga dan teman-temannya?
Berikan contoh konkret!
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi terkait masalah yang dibahas, kemudian kelompok lain memberi tanggapan.
Sintak 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah:
Setiap kelompok memeriksa kembali informasi yang telah kalian peroleh dan buatlah kesimpulan dari kegiatan yang dipelajari dalam sebuah peta konsep.
Penutup (10 menit)
Peserta didik mengerjakan soal asesmen akhir melalui google formulir link:https://forms.gle/rQDjZtMfEnGgPvsN9
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pelajaran hari ini dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran.
Guru menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan semangat peserta didik dalam belajar.
Guru menutup pembelajaran dengan berdo'a bersama.
F. Asesmen
Teknik Penilaian (terlampir)
1. Penilaian Pengetahuan:
1) Prosedur : selama dan akhir pembelajaran
2) Teknik : tes lisan dan tulisan
3) Bentuk : 4 butir soal melalui google formulir
4) Instrumen : kisi-kisi soal, soal kunci jawaban dan penskoran.
2. Penilaian Sikap :
1) Prosedur : dalam proses pembelajaran
2) teknik : non tes
3) bentuk : lembar observasi
4) instrumen : rubrik dan kunci rubrik
3. Penilaian Keterampilan:
1) Prosedur : dalam proses pembelajaran
2) teknik : non tes
3) bentuk : lembar observasi
4) instrumen : rubrik dan kunci rubrik
4. Tindak Lanjut Penilaian
G. Pengayaan dan Remidial
sebagaimana terlampir atau
Pembelajaran Remedial:
Bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) setelah melakukan tes sumatif, maka akan diberi pembelajaran tambahan (remedial teaching) terhadap IKTP yang belum tuntas kemudian diberi tes sumatif lagi dengan ketentuan :
1) soal yang diberikan sedikit berbeda dengan soal sebelumnya namun setara.
2) nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes terakhir.
3) Peserta didik lain yang sudah tuntas (>KKTP) dipersilahkan untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.
Pembelajaran Pengayaan:
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Guru memberikan materi pengayaan berupa penajaman pemahaman tentang materi.
H. Glosarium
Baligh: Tahap dalam perkembangan manusia ketika seseorang menjadi dewasa secara biologis dan mulai bertanggung jawab atas perbuatannya.
Ihtilam: mimpi basah
Mukallaf: orang yang telah dianggap mampu bertindak hukum, baik yang berhubungan dengan perintah Allah SWT maupun dengan larangannya.
Taklif: tanggung jawab dan kewajiban yang ditetapkan oleh Allah kepada setiap muslim ketika baligh.
I. Daftar Pustaka
1. Buku Panduan Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 4 SD.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV SD 2023 Yudistira
2. Artikel online tentang masa pubertas dan pentingnya kebersihan diri.
3. Video pembelajaran tentang tanda-tanda baligh dan bagaimana menjaga kebersihan diri.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Haeruman, S.Pd.
Bandung, Agustus 2024
Guru Mapel PAI,
Ida Nuraida, S.Pd.
Lampiran 1
Cerita Pendek:
Kisah Nabi Muhammad SAW yang Membantu Keluarga Sejak Kecil
Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang memiliki karakter mulia sejak kecil. Salah satu contoh nyata dari sikap baik dan tanggung jawab beliau adalah ketika beliau masih sangat muda dan tinggal bersama pamannya, Abu Thalib.
Setelah ditinggal wafat oleh ayah dan ibunya, Nabi Muhammad SAW diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib. Namun, ketika Abdul Muthalib meninggal dunia, tanggung jawab untuk merawat Nabi Muhammad SAW jatuh kepada pamannya, Abu Thalib. Pada masa ini, Nabi Muhammad SAW menunjukkan sikap kemandirian dan keinginan untuk membantu keluarga.
Meskipun masih sangat muda, Nabi Muhammad SAW ikut membantu pamannya dalam pekerjaannya. Abu Thalib adalah seorang pedagang, dan beliau sering bepergian jauh untuk berdagang. Nabi Muhammad SAW juga terlibat dalam pekerjaan tersebut, bahkan sebelum usia baligh. Beliau sering mengikuti perjalanan dagang pamannya, belajar tentang cara berdagang yang jujur, serta membantu dalam berbagai tugas lainnya.
Dalam perjalanan dagang ke negeri Syam, Nabi Muhammad SAW menunjukkan keteladanan sikap yang sangat luar biasa. Beliau dikenal dengan julukan "Al-Amin" (yang dapat dipercaya) karena kejujuran dan amanahnya dalam setiap tugas yang diberikan. Bahkan pada usia yang masih sangat muda, Nabi Muhammad SAW sudah menunjukkan sifat-sifat yang membuatnya sangat dihormati oleh masyarakat.
Selain membantu dalam pekerjaan dagang, Nabi Muhammad SAW juga sering membantu dalam pekerjaan rumah dan merawat domba-domba milik keluarganya. Tugas ini, meskipun sederhana, mengajarkan beliau tentang kesabaran, tanggung jawab, dan ketekunan.
Kisah ini menunjukkan bahwa sejak kecil, Nabi Muhammad SAW sudah memiliki sifat-sifat terpuji dan membantu keluarganya dengan penuh tanggung jawab. Hal ini juga menjadi contoh bagi kita semua tentang pentingnya membantu keluarga dan menjalankan tugas dengan baik sejak usia dini.
Kisah-kisah seperti ini bisa menjadi inspirasi dan teladan bagi anak-anak untuk mempraktikkan sikap tanggung jawab, kejujuran, dan kerja keras dalam kehidupan sehari-hari.
Lampiran 3
PENILAIAN PENGETAHUAN
Judul Modul : Baligh dan Kebersihan Diri
Kelas : 4 SD
Nama Penyusun : Ida Nuraida, S.Pd
Institusi : SD Laboratorium Percontohan UPI
Tahun Penyusunan : 2024
(4) Penilaian Pengetahuan LOTS (Lower Order Thinking Skills)
1. Level : Remembering (Mengingat)
Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan baligh?
Kriteria Penilaian : Siswa dapat menyebutkan definisi baligh secara tepat.
2. Level : Understanding (Memahami)
Pertanyaan : Sebutkan dua tanda baligh pada anak laki-laki dan dua tanda baligh pada anak perempuan.
Kriteria Penilaian : Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda baligh pada anak laki-laki dan perempuan dengan benar.
3. Level : Applying (Menerapkan)
Pertanyaan : Mengapa penting untuk menjaga kebersihan diri saat memasuki masa baligh?
Kriteria Penilaian : Siswa dapat memberikan alasan logis tentang pentingnya menjaga kebersihan diri saat baligh.
B. Penilaian Pengetahuan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Level : Analyzing (Menganalisis)
Pertanyaan : Bagaimana perubahan fisik, sosial, dan emosional yang terjadi saat masa baligh dapat memengaruhi kehidupan
sehari-hari?
Kriteria Penilaian : Siswa dapat menganalisis hubungan antara perubahan yang terjadi saat baligh dan dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari.
C. Rubrik Penilaian
1. Jawaban Tepat dan Komprehensif (Skor 4) : Siswa memberikan jawaban yang tepat, lengkap, dan mendalam.
2. Jawaban Tepat tetapi Tidak Komprehensif (Skor 3) : Siswa memberikan jawaban yang tepat tetapi kurang lengkap.
3. Jawaban Sebagian Tepat (Skor 2) : Siswa memberikan jawaban yang hanya sebagian benar.
4. Jawaban Tidak Tepat (Skor 1) : Siswa memberikan jawaban yang tidak sesuai atau keliru.