MENYAMBUT USIA BALIGH

بسم الله الرحمن الرحيم


 

Judul Modul Mengenal Perubahan dan Tanggung Jawabku 
Nama Penyusun :  Ida Nuraida, S.Pd
Institusi :  SD Laboratorium Percontohan UPI
Tahun Penyusunan :  2024
Jenjang Sekolah :  Sekolah Dasar (SD)

Fase :  B
Kelas/Semester :  4/1
Alokasi Waktu 2 x 35 menit




Kompetensi Awal


Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin




Sarana dan Prasarana :


Target Peserta Didik :

Kelas 4 SD dengan usia 9-10 tahun yang sedang berada pada fase awal memahami pubertas.


Model Pembelajaran :

Berbasis Problem Based Learning (PBL).


Kompetensi Inti : Memahami baligh

A. Tujuan Pembelajaran

   Mampu mengidentifikasi tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan.

Indikator Kriteria Ketercapaian Pembelajaran


B. Pemahaman Bermakna

Peserta didik memahami bahwa masa baligh adalah fase penting dalam perkembangan yang melibatkan perubahan fisik dan emosional serta bagaimana ajaran Islam mengatur dan memandang perubahan ini. 


C. Pertanyaan Pemantik


D. Materi Pembelajaran

"Baligh" diambil dari kata bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti "sampai", maksudnya "telah sampainya usia seseorang pada tahap kedewasaan".

Secara hukum Islam, seseorang dapat dikatakan baligh apabila






E.   Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan  PBL)

 Pendahuluan (10 menit)

Peserta didik menjawab salam dan berdo'a bersama.

https://youtu.be/n030YHg918A?si=dGH0jaTPTCu8irZJ

4. Guru mereview dengan cara bertanya kepada peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya tentang baligh.Peserta didik menyimak apersepsi dari guru   dengan cara bertanya kepada peserta didik.

PERTUMBUHAN MANUSIA .pdf

5.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.

Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan, memahami keterkaitan antara perubahan fisik dan emosional selama masa baligh, serta menyelesaikan permasalahan yang muncul terkait perubahan tersebut melalui diskusi kelompok, yang merupakan masa penting dalam hidup kalian ketika tubuh mulai mengalami perubahan dari anak-anak menjadi remaja. Dengan demikian, peserta didik diharapkan lebih siap untuk menyambut dan menghadapi masa baligh dengan pengetahuan yang memadai karena kalian mulai punya tanggung jawab baru.

Pembelajaran hari ini dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL), kita akan bekerja sama untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan ini. PBL membantu kalian belajar secara aktif dengan menemukan solusi atas masalah nyata yang kalian hadapi. Mari kita mulai dengan semangat, dan ingat, tugas ini bukan hanya untuk mengetahui, tetapi juga untuk memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari."

Kegiatan Inti (50 menit)

Sintak 1: Orientasi peserta didik pada masalah (10 menit)

6. Guru membagikan angket yang mencantumkan daftar perubahan fisik pada masa baligh. Peserta didik diminta untuk mengisi angket tersebut secara 

jujur. Menjelaskan bahwa siswa akan mendiskusikan perubahan fisik ini dalam kelompok dan mencari solusinya.

https://drive.google.com/file/d/1gPxfdqTb27JOL_N2hTW3vWPlHD_aYACf/view?usp=sharing

ANGKET PERUBAHAN FISIK.pdf

Sintak 2: Pengorganisasian kelompok terkait analisis angket dan diskusi kelompok (20 menit)

7. Setelah mengisi angket, Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang. Peserta didik menentukan ketua kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan topik terkait permasalahan yang ada pada angket, menjelaskan perubahan fisik yang tercantum, serta dampaknya pada kehidupan sehari-hari.


Sintak 3:  Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok. 

8. Peserta didik dipandu untuk melakukan diskusi dengan ketentuan sebagai berikut: 

Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan Waktu diskusi kelompok dan pengerjaan untuk menyusun laporan singkat atau membuat presentasi 20 menit. Masing-masing kelompok menyiapkan presentasi singkat tentang hasil diskusinya.



Link Pertanyaan Diskusi

https://drive.google.com/file/d/1xfMO6A_2KJOivwfQtRgx0VhVWTLckZCr/view?usp=sharing

LKPD MENYAMBUT USIA BALIGH OK.pdf

9.      Silahkan setiap kelompok membaca dan mencari informasi melalui berbagai sumber seperti buku, internet, atau bahan ajar yang disediakan oleh guru.


Materi Ajar:

 https://www.youtube.com/watch?v=sVBcElJeCBg  

https://www.tiktok.com/@ida.nuraida729/video/7400818853275536646?_r=1&_t=8ohq2Qh2EjA

https://ida.labschoolupi.id/modul-ajar/kelas-4/cerpen-baligh  

 https://drive.google.com/file/d/16mtKaPVbuKkbYHMJ-tpN9U30gZBP1mxE/view?usp=sharing



10. Peserta didik diarahkan untuk berdiskusi guna menjawab pertanyaan yang ada di LKPD (bergotong royong)

11. Peserta didik diarahkan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan masalah. (mandiri) 

12 Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi yang telah disediakan oleh guru.



Selama penyelidikan, guru memonitoring untuk memberikan arahan, dan membantu jika diperlukan.

Link Ice Breaking (Jika diperlukan menyanyi bersama tentang saat baligh tiba)


SAAT BALIGH TIBA

https://drive.google.com/file/d/1XYZ2amYiE68x-SG3QE6MspSBGwbc_F96/view?usp=sharing

Saat Baligh Tiba.mp4

Sintak 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya 

13. Setelah selesai menyelidiki, setiap kelompok diminta untuk menyusun laporan singkat atau membuat presentasi yang akan dipresentasikan di depan kelas. Mereka harus menyajikan penemuan mereka.

14. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi menjelaskan hubungan antara perubahan fisik dengan ajaran Islam. Kemudian kelompok lain memberi tanggapan.


Sintak 5: Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah 

15. Setelah presentasi selesai, guru bersama dengan peserta didik melakukan refleksi dan diskusi. Guru mengajukan pertanyaan kepada kelas untuk mengevaluasi pemahaman mereka dan memastikan bahwa semua kelompok telah memahami konsep baligh dengan benar.

Penutup dan Tindak Lanjut (10 menit)

16. Sebagai penutup, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan hal-hal yang masih belum jelas. 

17Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Mereview hasil diskusi dan menekankan pentingnya memahami perubahan fisik serta sikap positif terhadap perubahan ini.

18.  Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pelajaran hari ini dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran. Guru juga memberikan tugas individu sebagai tindak lanjut, misalnya menuliskan refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari tentang baligh.

https://drive.google.com/file/d/1h4eU2LKb7hmWKuNrE7dEFREJRNXuDlkF/view?usp=sharing 

REFLEKSI.pdf

19. Guru menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan semangat peserta didik dalam belajar.

20. Guru menutup pembelajaran dengan berdo'a bersama.


F.    Asesmen


    Link Asesmen formatif 

   https://wordwall.net/play/77000/627/161 


Kisi-kisi 

https://drive.google.com/file/d/1HvZSewf5zPqPRqIp2S3_-0HINWpiVwIy/view?usp=drive_link

https://docs.google.com/document/d/1QCMArV2jdANJypnlGqj_pf8dKfkNrNFteJz_w3n78hI/edit?usp=sharing


Penilaian  :  

https://drive.google.com/file/d/1RuXC3Ax3L2_FqyvlR9zn3bXANt-q15G-/view?usp=drive_link

1.   Penilaian Pengetahuan:

1) Prosedur : selama dan akhir pembelajaran

2) Teknik : tes lisan dan tulisan

3) Bentuk : 15 butir soal melalui wordwall

4) Instrumen : kisi-kisi soal, soal kunci jawaban dan penskoran.


2.    Penilaian Sikap :

 1)  Prosedur : dalam proses pembelajaran

2)  teknik : non tes

3)  bentuk : lembar observasi

4)  instrumen : rubrik dan kunci rubrik


 3.   Penilaian Keterampilan:

  1) Prosedur : dalam proses pembelajaran

  2) teknik   : non tes

  3) bentuk   : lembar observasi

  4) instrumen       : rubrik dan kunci rubrik


4.   Tindak Lanjut Penilaian


G.    Pengayaan dan Remidial

sebagaimana terlampir atau


Pembelajaran Remedial:

Bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) setelah melakukan tes sumatif, maka akan diberi pembelajaran tambahan (remedial teaching) terhadap IKTP yang belum tuntas kemudian diberi tes sumatif lagi dengan ketentuan :

1) soal yang diberikan sedikit berbeda dengan soal sebelumnya namun setara.

2) nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes terakhir.

3) Peserta didik lain yang sudah tuntas (>KKTP) dipersilahkan untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.


Pembelajaran Pengayaan:

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Guru memberikan materi pengayaan berupa penajaman pemahaman tentang materi. 


H. Glosarium



 I.    Daftar Pustaka

1.  Depdiknas. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

2. Al-Qur'an dan Terjemahnya. (2023). Penerbit Cordoba.

3. Mardapi, D. (2016). Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Buku Siswa Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Mengetahui, 

Kepala Sekolah

Haeruman, S.Pd.

Bandung, Agustus 2024

Guru Mapel PAI,

Ida Nuraida, S.Pd.