MENYAMBUT USIA BALIGH
بسم الله الرحمن الرحيم
Judul Modul : Mengenal Perubahan dan Tanggung Jawabku
Nama Penyusun : Ida Nuraida, S.Pd
Institusi : SD Laboratorium Percontohan UPI
Tahun Penyusunan : 2024
Jenjang Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Fase : B
Kelas/Semester : 4/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Kompetensi Awal
Peserta didik memiliki pemahaman dasar tentang pertumbuhan dan perkembangan fisik sebagai sunnatullah.
Tanggung jawab moral dan agama yang datang setelah baligh.
Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin
Profil Pelajar Pancasila:
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia dengan cara berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan memahami perubahan fisik sebagai bagian dari ciptaan Allah dan menerima perubahan ini dengan sikap baik.
Bergotong royong dengan cara kerjasama dalam mengerjakan LKPD, inisiatif untuk membantu dan bertindak dalam kelompok dan bersedia memberi dan menerima ide orang lain.
Mandiri pada saat kegiatan pembelajaran dengan cara sadar diri tidak ketergantungan pada teman, dan bisa mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi perubahan fisik dan emosional..
Bernalar kritis dengan cara menganalisis informasi tentang perubahan fisik secara kritis.
Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin:
Berkeadaban (Ta'addub) dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar, menghadapi perubahan fisik dengan sikap sabar dan bijaksana
Musyawarah (Syura), yaitu pada saat menentukan ketua kelompok, dan setiap persoalan diselesaikan dengan musyawarah untuk kemaslahatan bersama.
Toleransi (Tasāmuh) : Memperhatikan perasaan teman yang mengalami perubahan fisik dan memberikan dukungan empati dan peduli.
Dinamis dan Inovatif (Taṭawwur wa Ibtikār) : Menerima dan memahami perbedaan dalam pengalaman perubahan fisik dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan diri dan lingkungan.
Sarana dan Prasarana :
Sarana:
Gambar atau video pendek mengenai perubahan fisik pada masa baligh melalui google site, youtube, tiktok, buku paket PAI kelas 4 SD
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Papan tulis dan spidol
Kertas HVS dan alat tulis
Prasarana:
Ruang kelas yang nyaman dan cukup untuk diskusi kelompok atau smart class
Proyektor atau televisi (opsional, jika tersedia), HP/Laptop
Target Peserta Didik :
Kelas 4 SD dengan usia 9-10 tahun yang sedang berada pada fase awal memahami pubertas.
Model Pembelajaran :
Berbasis Problem Based Learning (PBL).
Kompetensi Inti : Memahami baligh
A. Tujuan Pembelajaran
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan.
Indikator Kriteria Ketercapaian Pembelajaran
Peserta didik mampu menyebutkan pengertian baligh
Peserta didik mampu mengidentifikasi tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan (masing-masing minimal 2)
Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak perubahan fisik pada masa baligh terhadap aktivitas sehari-hari, seperti perubahan emosional, penyesuaian sosial, dan rasa percaya diri.
Peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan terkait perubahan fisik dan emosional selama masa baligh
B. Pemahaman Bermakna
Peserta didik memahami bahwa masa baligh adalah fase penting dalam perkembangan yang melibatkan perubahan fisik dan emosional serta bagaimana ajaran Islam mengatur dan memandang perubahan ini.
C. Pertanyaan Pemantik
Apa yang kamu ketahui tentang masa baligh?
Apakah kalian pernah merasa bingung dengan perubahan yang terjadi pada tubuh kalian? Misalnya, suara yang berubah atau tinggi badan yang bertambah?
Bagaimana perubahan fisik pada masa baligh mempengaruhi kehidupan sehari-hari?
D. Materi Pembelajaran
Pengertian Baligh:
"Baligh" diambil dari kata bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti "sampai", maksudnya "telah sampainya usia seseorang pada tahap kedewasaan".
Secara hukum Islam, seseorang dapat dikatakan baligh apabila
mengetahui, memahami, dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, serta
telah mencapai usia 15 tahun ke atas dan atau sudah mengalami mimpi basah.(bagi laki-laki)
telah mencapai usia 9 tahun ke atas dan atau sudah mengalami "menstruasi". (bagi perempuan)
Tanda-Tanda Baligh
Tanda-tanda Baligh pada Laki-laki: Mimpi basah, tumbuh rambut di area tertentu.
Tanda-tanda Baligh pada Perempuan: Menstruasi, perubahan bentuk tubuh, tumbuh rambut halus.
Perubahan Emosional Selama Masa Baligh
Perasaan dan Emosi: Mungkin merasa bingung, marah, atau cemas karena perubahan fisik yang cepat.
Pengaruh pada Kehidupan Sehari-hari: Perubahan ini dapat mempengaruhi cara berpikir, berinteraksi dengan teman, dan berperilaku.
Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari
Menghargai Proses Pertumbuhan: Memahami bahwa semua perubahan fisik adalah bagian dari pertumbuhan alami yang harus diterima dengan sikap positif.
Dukungan Teman dan Keluarga: Memberikan dukungan dan empati kepada teman yang juga mengalami masa baligh.
Ajaran Islam tentang Baligh
Panduan Islam: Islam mengajarkan untuk menerima perubahan fisik sebagai bagian dari ciptaan Allah dan menghadapi masa baligh dengan sikap sabar dan bijaksana.
Tanggung Jawab: Memahami bahwa baligh membawa tanggung jawab baru dalam menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim untuk menjalankan syariat Islam.
E. Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)
Pendahuluan (10 menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa, dan menunjuk salah seorang peserta didik untuk memimpin do'a.
Peserta didik menjawab salam dan berdo'a bersama.
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik.
Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Bangun Pemudi Pemuda"
4. Guru mereview dengan cara bertanya kepada peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya tentang baligh.Peserta didik menyimak apersepsi dari guru dengan cara bertanya kepada peserta didik.
Apa yang kamu ketahui tentang masa baligh?
Apakah kalian pernah merasa bingung dengan perubahan yang terjadi pada tubuh kalian? (Misalnya, suara yang berubah atau tinggi badan yang bertambah)
Bagaimana perubahan fisik pada masa baligh mempengaruhi kehidupan sehari-hari?
Anak-anak, coba perhatikan gambar berikut dengan seksama!
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan, memahami keterkaitan antara perubahan fisik dan emosional selama masa baligh, serta menyelesaikan permasalahan yang muncul terkait perubahan tersebut melalui diskusi kelompok, yang merupakan masa penting dalam hidup kalian ketika tubuh mulai mengalami perubahan dari anak-anak menjadi remaja. Dengan demikian, peserta didik diharapkan lebih siap untuk menyambut dan menghadapi masa baligh dengan pengetahuan yang memadai karena kalian mulai punya tanggung jawab baru.
Pembelajaran hari ini dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL), kita akan bekerja sama untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan ini. PBL membantu kalian belajar secara aktif dengan menemukan solusi atas masalah nyata yang kalian hadapi. Mari kita mulai dengan semangat, dan ingat, tugas ini bukan hanya untuk mengetahui, tetapi juga untuk memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari."
Kegiatan Inti (50 menit)
Sintak 1: Orientasi peserta didik pada masalah (10 menit)
6. Guru membagikan angket yang mencantumkan daftar perubahan fisik pada masa baligh. Peserta didik diminta untuk mengisi angket tersebut secara
jujur. Menjelaskan bahwa siswa akan mendiskusikan perubahan fisik ini dalam kelompok dan mencari solusinya.
https://drive.google.com/file/d/1gPxfdqTb27JOL_N2hTW3vWPlHD_aYACf/view?usp=sharing
Sintak 2: Pengorganisasian kelompok terkait analisis angket dan diskusi kelompok (20 menit)
7. Setelah mengisi angket, Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang. Peserta didik menentukan ketua kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan topik terkait permasalahan yang ada pada angket, menjelaskan perubahan fisik yang tercantum, serta dampaknya pada kehidupan sehari-hari.
Sintak 3: Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok.
8. Peserta didik dipandu untuk melakukan diskusi dengan ketentuan sebagai berikut:
Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan Waktu diskusi kelompok dan pengerjaan untuk menyusun laporan singkat atau membuat presentasi 20 menit. Masing-masing kelompok menyiapkan presentasi singkat tentang hasil diskusinya.
Link Pertanyaan Diskusi
Diskusikan dalam kelompok mengenai perubahan fisik yang terjadi pada masa baligh dan catat hasil diskusi!
Apa yang dimaksud dengan masa baligh dalam agama Islam?
Jelaskan perbedaan perubahan fisik antara laki-laki dan perempuan pada masa baligh.
Tuliskan cara-cara positif untuk menghadapi perubahan fisik yang kamu pelajari dari diskusi hari ini!
Bagaimana perubahan fisik yang terjadi saat baligh mempengaruhi perilaku dan tanggung jawab seseorang?
https://drive.google.com/file/d/1xfMO6A_2KJOivwfQtRgx0VhVWTLckZCr/view?usp=sharing
9. Silahkan setiap kelompok membaca dan mencari informasi melalui berbagai sumber seperti buku, internet, atau bahan ajar yang disediakan oleh guru.
Materi Ajar:
Buku paket PAI Kelas IV
Video Pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=sVBcElJeCBg
Tiktok
https://www.tiktok.com/@ida.nuraida729/video/7400818853275536646?_r=1&_t=8ohq2Qh2EjA
Cerpen Baligh
https://ida.labschoolupi.id/modul-ajar/kelas-4/cerpen-baligh
Canva tentang baligh dan kebersihan diri
https://drive.google.com/file/d/16mtKaPVbuKkbYHMJ-tpN9U30gZBP1mxE/view?usp=sharing
10. Peserta didik diarahkan untuk berdiskusi guna menjawab pertanyaan yang ada di LKPD (bergotong royong)
11. Peserta didik diarahkan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan masalah. (mandiri)
12 Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi yang telah disediakan oleh guru.
Selama penyelidikan, guru memonitoring untuk memberikan arahan, dan membantu jika diperlukan.
Link Ice Breaking (Jika diperlukan menyanyi bersama tentang saat baligh tiba)
SAAT BALIGH TIBA
https://drive.google.com/file/d/1XYZ2amYiE68x-SG3QE6MspSBGwbc_F96/view?usp=sharing
Sintak 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
13. Setelah selesai menyelidiki, setiap kelompok diminta untuk menyusun laporan singkat atau membuat presentasi yang akan dipresentasikan di depan kelas. Mereka harus menyajikan penemuan mereka.
14. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi menjelaskan hubungan antara perubahan fisik dengan ajaran Islam. Kemudian kelompok lain memberi tanggapan.
Sintak 5: Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah
15. Setelah presentasi selesai, guru bersama dengan peserta didik melakukan refleksi dan diskusi. Guru mengajukan pertanyaan kepada kelas untuk mengevaluasi pemahaman mereka dan memastikan bahwa semua kelompok telah memahami konsep baligh dengan benar.
Penutup dan Tindak Lanjut (10 menit)
16. Sebagai penutup, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan hal-hal yang masih belum jelas.
17. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Mereview hasil diskusi dan menekankan pentingnya memahami perubahan fisik serta sikap positif terhadap perubahan ini.
18. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pelajaran hari ini dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran. Guru juga memberikan tugas individu sebagai tindak lanjut, misalnya menuliskan refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari tentang baligh.
https://drive.google.com/file/d/1h4eU2LKb7hmWKuNrE7dEFREJRNXuDlkF/view?usp=sharing
19. Guru menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan semangat peserta didik dalam belajar.
20. Guru menutup pembelajaran dengan berdo'a bersama.
F. Asesmen
Link Asesmen formatif
https://wordwall.net/play/77000/627/161
Kisi-kisi
https://drive.google.com/file/d/1HvZSewf5zPqPRqIp2S3_-0HINWpiVwIy/view?usp=drive_link
https://docs.google.com/document/d/1QCMArV2jdANJypnlGqj_pf8dKfkNrNFteJz_w3n78hI/edit?usp=sharing
Penilaian :
https://drive.google.com/file/d/1RuXC3Ax3L2_FqyvlR9zn3bXANt-q15G-/view?usp=drive_link
Teknik Penilaian (terlampir)
1. Penilaian Pengetahuan:
1) Prosedur : selama dan akhir pembelajaran
2) Teknik : tes lisan dan tulisan
3) Bentuk : 15 butir soal melalui wordwall
4) Instrumen : kisi-kisi soal, soal kunci jawaban dan penskoran.
2. Penilaian Sikap :
1) Prosedur : dalam proses pembelajaran
2) teknik : non tes
3) bentuk : lembar observasi
4) instrumen : rubrik dan kunci rubrik
3. Penilaian Keterampilan:
1) Prosedur : dalam proses pembelajaran
2) teknik : non tes
3) bentuk : lembar observasi
4) instrumen : rubrik dan kunci rubrik
4. Tindak Lanjut Penilaian
G. Pengayaan dan Remidial
sebagaimana terlampir atau
Pembelajaran Remedial:
Bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) setelah melakukan tes sumatif, maka akan diberi pembelajaran tambahan (remedial teaching) terhadap IKTP yang belum tuntas kemudian diberi tes sumatif lagi dengan ketentuan :
1) soal yang diberikan sedikit berbeda dengan soal sebelumnya namun setara.
2) nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes terakhir.
3) Peserta didik lain yang sudah tuntas (>KKTP) dipersilahkan untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.
Pembelajaran Pengayaan:
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Guru memberikan materi pengayaan berupa penajaman pemahaman tentang materi.
H. Glosarium
Baligh: Tahap dalam perkembangan manusia ketika seseorang menjadi dewasa secara biologis dan mulai bertanggung jawab atas perbuatannya.
Ihtilam: mimpi basah
Mukallaf: orang yang telah dianggap mampu bertindak hukum, baik yang berhubungan dengan perintah Allah SWT maupun dengan larangannya.
Taklif: tanggung jawab dan kewajiban yang ditetapkan oleh Allah kepada setiap muslim ketika baligh.
I. Daftar Pustaka
1. Depdiknas. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
2. Al-Qur'an dan Terjemahnya. (2023). Penerbit Cordoba.
3. Mardapi, D. (2016). Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Buku Siswa Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Haeruman, S.Pd.
Bandung, Agustus 2024
Guru Mapel PAI,