MENYAMBUT USIA BALIGH
بسم الله الرحمن الرحيم
Judul Modul : Mengenal Perubahan dan Tanggung Jawabku
Nama Penyusun : Ida Nuraida, S.Pd
Institusi : SD Laboratorium Percontohan UPI
Tahun Penyusunan : 2024-2025
Jenjang Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Fase : B
Kelas/Semester : 4/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Kompetensi Awal
Peserta didik memiliki pemahaman dasar tentang pertumbuhan dan perkembangan fisik sebagai sunnatullah.
Tanggung jawab moral dan agama yang datang setelah baligh.
Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin
Profil Pelajar Pancasila:
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia dengan cara berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan memahami perubahan fisik sebagai bagian dari ciptaan Allah dan menerima perubahan ini dengan sikap baik.
Bergotong royong dengan cara kerjasama dalam mengerjakan LKPD, inisiatif untuk membantu dan bertindak dalam kelompok dan bersedia memberi dan menerima ide orang lain.
Mandiri pada saat kegiatan pembelajaran dengan cara sadar diri tidak ketergantungan pada teman, dan bisa mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi perubahan fisik dan emosional.
Bernalar kritis dengan cara menganalisis informasi tentang perubahan fisik secara kritis.
Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin:
Berkeadaban (Ta'addub) dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar, menghadapi perubahan fisik dengan sikap sabar dan bijaksana.
Musyawarah (Syura) pada saat menentukan ketua kelompok, dan setiap persoalan diselesaikan dengan musyawarah untuk kemaslahatan bersama.
Toleransi (Tasāmuh) ketika memperhatikan perasaan teman yang mengalami perubahan fisik, memberikan dukungan empati dan peduli.
Dinamis dan Inovatif (Taṭawwur wa Ibtikār) yaitu menerima dan memahami perbedaan dalam pengalaman perubahan fisik dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan diri dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.
Sarana dan Prasarana :
Sarana:
Gambar atau video pendek mengenai perubahan fisik pada masa baligh melalui google site, youtube, tiktok, buku paket PAI kelas 4 SD
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Papan tulis dan spidol
Kertas HVS dan alat tulis
Prasarana:
Ruang kelas yang nyaman dan cukup untuk diskusi kelompok atau smart class
Proyektor atau televisi (opsional, jika tersedia), HP/Laptop
Target Peserta Didik :
Kelas 4 A SD dengan usia 9-10 tahun yang sedang berada pada fase awal memahami pubertas.
Model Pembelajaran :
Berbasis Problem Based Learning (PBL).
Kompetensi Inti :
A. Tujuan Pembelajaran
Mampu memahami baligh dan tanggung jawab yang menyertainya (taklif).
Indikator Kriteria Ketercapaian Pembelajaran:
Melalui pengamatan gambar dan video, peserta didik mampu menyebutkan pengertian baligh.
Melalui pengisian angket dan kegiatan diskusi kelompok, peserta didik mampu mengidentifikasi tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan (masing-masing minimal 2)
Melalui pengisian angket dan kegiatan diskusi kelompok, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak perubahan fisik pada masa baligh terhadap aktivitas sehari-hari, seperti perubahan emosional, penyesuaian sosial, dan rasa percaya diri.
Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mengidentifikasi tanggung jawab ibadah yang datang setelah baligh, seperti kewajiban menutup aurat, menjalankan salat lima waktu, puasa, dan zakat.
B. Pemahaman Bermakna
"Seperti seorang pengemudi yang baru mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), mereka harus memahami aturan lalu lintas dan mematuhi peraturan tersebut. Begitu juga dengan baligh, siswa harus memahami aturan agama dan mulai bertanggung jawab atas perilaku mereka di hadapan Allah SWT."
Peserta didik memahami tentang pertumbuhan dan perkembangan fisik sebagai bagian dari sunnatullah (ketetapan Allah). Mereka akan memahami tentang masa baligh, yaitu masa ketika seseorang mulai dewasa dan memiliki tanggung jawab agama dan moral. Peserta didik harus menghadapi serta menerima perubahan tersebut dengan sikap positif.Setelah baligh, seseorang harus menjalankan kewajiban agama seperti menutup aurat, salat lima waktu, puasa, dan zakat.
C. Pertanyaan Pemantik
Apa yang kamu ketahui tentang perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja?
Mengapa penting untuk memahami tanda-tanda baligh dalam kehidupan sehari-hari?
Bagaimana perubahan fisik saat baligh bisa memengaruhi perasaan atau perilaku seseorang?
Apa saja kewajiban ibadah yang mulai harus kita lakukan setelah mencapai baligh?
D. Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)
Guru mempersiapkan infokus, HP, LKPD, Pre-Test dan perlengkapan lainnya
Pendahuluan (10 menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa, dan menunjuk salah seorang peserta didik untuk memimpin do'a.
Peserta didik menjawab salam dan berdo'a bersama.
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik.
Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Bangun Pemudi Pemuda"
4. Guru mereview dengan cara bertanya kepada peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menyimak apersepsi dari guru.
Anak-anak, coba perhatikan gambar berikut dengan seksama!
Apa yang kamu ketahui tentang gambar 1 di bawah ini. Anak-anak ada di fase yang mana?
Apa yang kamu ketahui tentang perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja?
Mengapa penting untuk memahami tanda-tanda baligh dalam kehidupan sehari-hari?
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tentang definisi baligh, tanda-tandanya pada laki-laki dan perempuan, memahami keterkaitan antara perubahan fisik dan emosional selama masa baligh, serta menyelesaikan permasalahan yang muncul terkait perubahan tersebut melalui diskusi kelompok, yang merupakan masa penting dalam hidup kalian ketika tubuh mulai mengalami perubahan dari anak-anak menjadi remaja. Dengan demikian, peserta didik diharapkan lebih siap untuk menyambut dan menghadapi masa baligh dengan pengetahuan yang memadai karena kalian mulai punya tanggung jawab baru.
Pembelajaran pada hari ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL), kita akan bekerja sama untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan ini. PBL membantu kalian belajar secara aktif dengan menemukan solusi atas masalah nyata yang kalian hadapi. Mari kita mulai dengan semangat, dan ingat, tugas ini bukan hanya untuk mengetahui, tetapi juga untuk memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari."
Kegiatan Inti (50 menit)
Sintak 1: Orientasi peserta didik pada masalah (10 menit)
6. Guru membagikan angket yang mencantumkan daftar perubahan fisik pada masa baligh. Peserta didik diminta untuk mengisi angket tersebut secara
jujur. Menjelaskan bahwa siswa akan mendiskusikan perubahan fisik ini dalam kelompok dan mencari solusinya.
https://drive.google.com/file/d/1gPxfdqTb27JOL_N2hTW3vWPlHD_aYACf/view?usp=sharing
Sintak 2: Pengorganisasian kelompok terkait analisis angket dan diskusi kelompok (20 menit)
7. Setelah mengisi angket, Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang. Peserta didik menentukan ketua kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan topik terkait permasalahan yang ada pada angket, menjelaskan perubahan fisik yang tercantum, serta dampaknya pada kehidupan sehari-hari.
Sintak 3: Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok.
8. Peserta didik dipandu untuk melakukan diskusi dengan ketentuan sebagai berikut:
Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan. Waktu diskusi kelompok dan pengerjaan untuk menyusun laporan singkat atau membuat presentasi 20 menit. Masing-masing kelompok menyiapkan presentasi singkat tentang hasil diskusinya.
Link Pertanyaan Diskusi
Diskusikan dalam kelompok mengenai perubahan fisik yang terjadi pada masa baligh dan catat hasil diskusi!
Apa yang dimaksud dengan masa baligh dalam agama Islam?
Jelaskan perbedaan perubahan fisik antara laki-laki dan perempuan pada masa baligh.(minimal masing-masing dua tanda)
Tuliskan cara-cara positif untuk menghadapi perubahan fisik yang kamu pelajari dari diskusi hari ini!
Bagaimana perubahan fisik yang terjadi saat baligh mempengaruhi perilaku dan tanggung jawab seseorang?
https://drive.google.com/file/d/11V5j-RWuWuJWkArnZ-6gRCSElTZI35Wb/view?usp=sharing
9. Silahkan setiap kelompok membaca dan mencari informasi melalui berbagai sumber seperti buku, internet, atau bahan ajar yang disediakan oleh guru.
E. Materi Pembelajaran
A) Pengertian Baligh
Baligh secara bahasa diambil dari kata bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti "sampai", maksudnya "telah sampainya usia seseorang pada tahap kedewasaan".
Baligh secara istilah adalah masa ketika seorang anak memasuki usia dewasa dan mulai bertanggung jawab secara agama dan moral. Pada masa ini, perubahan fisik dan emosional terjadi, yang menandai bahwa seseorang telah siap menjalankan kewajiban agama.
Secara hukum Islam, seseorang dapat dikatakan baligh apabila:
mengetahui, memahami, dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, serta
telah mencapai usia 15 tahun dan atau sudah mengalami mimpi basah.(bagi laki-laki)
telah mencapai usia 9 tahun dan atau sudah mengalami "menstruasi". (bagi perempuan)
B) Tanda-tanda Baligh
Tanda-tanda baligh pada laki-laki dan perempuan berbeda, namun keduanya menunjukkan bahwa mereka sudah mulai memasuki masa dewasa.
Tanda-tanda Baligh pada Laki-laki:
Mulai tumbuhnya rambut di wajah (kumis dan janggut).
Suara menjadi lebih berat.
Mulai mengalami mimpi basah.
Usia antara 9-15 tahun
Tanda-tanda Baligh pada Perempuan:
Mulai mengalami menstruasi (haid).
Pertumbuhan payudara.
Perubahan bentuk tubuh menjadi lebih dewasa.
Usia antara 9-15 tahun
C) Dampak Perubahan Fisik pada Aktivitas Sehari-hari
Perubahan fisik yang dialami saat baligh memengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti:
Perubahan Emosi: Peserta didik mungkin akan merasakan emosi yang lebih kuat, seperti mudah marah atau sedih.
Penyesuaian Sosial: Mereka mulai lebih peka terhadap interaksi sosial dan mencari teman sebaya untuk bergaul.
Rasa Percaya Diri: Perubahan fisik juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri, baik secara positif maupun negatif. Mereka harus belajar menerima perubahan ini dengan sikap positif.
D) Tanggung Jawab Ibadah Setelah Baligh (Taklif)
Setelah baligh, seseorang sudah wajib menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama. Tanggung jawab ini meliputi:
Menutup Aurat
Laki-laki dan perempuan harus menutup aurat sesuai dengan ketentuan agama.Salat Lima Waktu
Sudah menjadi kewajiban untuk melaksanakan salat lima waktu.Puasa di Bulan Ramadan
Setelah baligh, seseorang wajib menjalankan puasa di bulan Ramadan.Zakat
Jika memiliki kemampuan secara finansial, mereka juga harus membayar zakat.
Materi Ajar:
Buku paket PAI Kelas IV
Video Pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=sVBcElJeCBg
Tiktok
https://www.tiktok.com/@ida.nuraida729/video/7400818853275536646?_r=1&_t=8ohq2Qh2EjA
Cerpen Baligh
https://ida.labschoolupi.id/modul-ajar/kelas-4/cerpen-baligh
Canva tentang baligh dan kebersihan diri
https://drive.google.com/file/d/16mtKaPVbuKkbYHMJ-tpN9U30gZBP1mxE/view?usp=sharing
10. Peserta didik diarahkan untuk berdiskusi guna menjawab pertanyaan yang ada di LKPD (bergotong royong)
11. Peserta didik diarahkan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan masalah. (mandiri)
12 Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi yang telah disediakan oleh guru.
Selama penyelidikan, guru memonitoring untuk memberikan arahan, dan membantu jika diperlukan.
Link Ice Breaking (Jika diperlukan menyanyi bersama tentang saat baligh tiba)
SAAT BALIGH TIBA
https://drive.google.com/file/d/1JrbPAj5E2MsbfU9KaV5UGnDjzT3mEzAn/view?usp=sharing
Sintak 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
13. Setelah selesai menyelidiki, setiap kelompok diminta untuk menyusun laporan singkat atau membuat laporan hasil diskusi LKPD yang akan dipresentasikan di depan kelas. Peserta didik harus menyajikan penemuan mereka.
14. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi menjelaskan hubungan antara perubahan fisik dengan ajaran Islam. Kemudian kelompok lain memberi tanggapan.
Sintak 5: Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah
15. Setelah presentasi selesai, guru bersama dengan peserta didik melakukan refleksi dan diskusi. Guru mengajukan pertanyaan kepada kelas untuk mengevaluasi pemahaman mereka dan memastikan bahwa semua kelompok telah memahami konsep baligh dengan benar.
Penutup dan Tindak Lanjut (10 menit)
16. Sebagai penutup, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan hal-hal yang masih belum jelas.
17. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Mereview hasil diskusi dan menekankan pentingnya memahami perubahan fisik serta sikap positif terhadap perubahan ini.
18. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap pelajaran hari ini dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran. Guru juga memberikan tugas individu sebagai tindak lanjut, misalnya menuliskan refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari tentang baligh.
https://drive.google.com/file/d/1h4eU2LKb7hmWKuNrE7dEFREJRNXuDlkF/view?usp=sharing
19. Guru menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan semangat peserta didik dalam belajar.
20. Peserta didik diminta untuk melakukan post-test.
20. Guru menyampaikan pembelajarn selanjutnya tentang taklif dan menutup pembelajaran dengan berdo'a bersama.
F. Asesmen
Link Asesmen formatif LKPD
https://drive.google.com/file/d/11V5j-RWuWuJWkArnZ-6gRCSElTZI35Wb/view?usp=sharing
Link Asesmen (Pre-Test dan Post-Test)
https://wordwall.net/resource/78171981
Kisi-kisi LKPD
Kisi-kisi (Pre-Test dan Post-Test)
https://docs.google.com/document/d/1EwmRj31gRREeBD-9fYQM_0t8VhJQg4kS02ZnNiclTOw/edit?usp=sharing
Penilaian :
https://drive.google.com/file/d/1RuXC3Ax3L2_FqyvlR9zn3bXANt-q15G-/view?usp=drive_link
Teknik Penilaian (terlampir)
1. Penilaian Pengetahuan:
1) Prosedur : selama dan akhir pembelajaran
2) Teknik : tes lisan dan tulisan
3) Bentuk : 8 butir soal melalui wordwall
4) Instrumen : kisi-kisi soal, soal kunci jawaban dan penskoran.
2. Penilaian Sikap :
1) Prosedur : dalam proses pembelajaran
2) teknik : non tes
3) bentuk : lembar observasi
4) instrumen : rubrik dan kunci rubrik
3. Penilaian Keterampilan:
1) Prosedur : dalam proses pembelajaran
2) teknik : non tes
3) bentuk : lembar observasi
4) instrumen : rubrik dan kunci rubrik
4. Tindak Lanjut Penilaian
G. Pengayaan dan Remidial
Pembelajaran Remedial:
Bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) setelah melakukan tes sumatif, maka akan diberi pembelajaran tambahan (remedial teaching) terhadap IKTP yang belum tuntas kemudian diberi tes sumatif lagi dengan ketentuan :
1) soal yang diberikan sedikit berbeda dengan soal sebelumnya namun setara.
2) nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes terakhir.
3) Peserta didik lain yang sudah tuntas (>KKTP) dipersilahkan untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.
Pembelajaran Pengayaan:
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Guru memberikan materi pengayaan berupa penajaman pemahaman tentang materi.
H. Glosarium
Baligh: Tahap dalam perkembangan manusia ketika seseorang menjadi dewasa secara biologis dan mulai bertanggung jawab atas perbuatannya.
Ihtilam: mimpi basah
Mukallaf: orang yang telah dianggap mampu bertindak hukum, baik yang berhubungan dengan perintah Allah SWT maupun dengan larangannya.
Taklif: tanggung jawab dan kewajiban yang ditetapkan oleh Allah kepada setiap muslim ketika baligh.
I. Daftar Pustaka
1. Depdiknas. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
2. Al-Qur'an dan Terjemahnya. (2023). Penerbit Cordoba.
3. Mardapi, D. (2016). Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Buku Siswa Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Haeruman, S.Pd.
Bandung, September 2024
Guru Mapel PAI,